Krisis pendidikan (part 2)

 

Lanjutan dari part1
Beberapa orang yang jenuh dengan kondisi ini akhirnya tergerak.

Kevin Johnson mendirikan sekolah dengan nama Hope Academy dengan tujuan melawan efek narkoba, penjara, dan pengangguran di Sacramento. Sekolah ini sangat unik karena Kevin tidak hanya memotivasi muridnya tapi juga orangtuanya. Karena menurutnya komunikasi dan saling mengerti kondisi lingkungan sosial sangat penting. Perjuangannya sungguh berat, harus mendidik anak-anak yang sudah putus asa, merasa bodoh, dan direndahkan. Dia mempunyai motto ” Jangan sekolah di sini, kalau tidak ingin kuliah”. Hasilnya luar biasa!! Grade muridnya meningkat!!

Lain lagi yang dilakukan oleh Mike dan Dave mereka mendirikan sekolah KIPP dengan sistem School is Fun. Cara mengajarnya unik. Ada yang memakai musik, game dan praktek langsung. Slogannya adalah 3R yaitu repetition, rhythm and rap.” Pada bagian belakang seragamnya pun bertuliskan kata-kata motivasi seperti ”Work hard, Be Nice”. Ada komentar yang lucu dari anak kecil yang sekolah disitu, ” Dulu aku merasa temanku sangat pintar dan aku bodoh, namun setelah aku sekolah disini aku merasa aku lebih baik dari dia”. Ada juga murid perempuan yang terpintar dikelasnya, namun tidak disangka ternyata gurunya yang dulu pernah bilang ”Anak bodoh, kamu tidak akan pernah menjadi dokter!!”

Busyet gurunya yang dulu sampai bilang seperti itu, saya merasa sedih..hikss. Kok bisa ada guru yang bilang seperti itu.

Pada sesi terakhir di tampilkan profil HTH (High Tech High) sekolah yang didirikan oleh Bill Gates. There is NO BOOK!!. Tidak ada buku, tidak ada guru, tidak ada kelas. Yang ada hanya praktek dan proyek. Namun hasilnya kereeeen. Setingkat SMU berhasil membuat sarung tangan yang canggih. Dengan sarung tangan tersebut kita tidak perlu memakai keyboard lagi untuk mengetik!

Hemm, sajian yang bermutu..

Saya harap pendidikan Indonesia bisa maju…

(Kok jadi kepikiran pengen jadi guru ya……………pengen bisa memajukan bangsa…..)

0 Responses to “Krisis pendidikan (part 2)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: