Bila seorang engineer belajar audit

Beberapa pekan lalu saya mengikuti sebuah training tentang Integrated Audit SOA. Saya pernah mendengar istilah asing ini ketika mengikuti masa pengasingan masa orientasi di Rindam Siliwangi. Dasar orang teknik, begitu mendengar istilah ekonomi, mulai dari audit, neraca, likuiditas, key control, dll, langsung mengibarkan bendera putih, nggak mudheng blas. Saya berpikir, masalah ini mending diserahkan ke anak akuntansi atau ekonomi. Ooh, ternyata ketemu lagi😐. Berbekal keinginan harus ada manfaat yang saya ambil, saya berusaha keras untuk memahami. Meskipun harus melawan kantuk. Menyuruh otak untuk berpikir, yang berusaha menolak ilmu yang sangat aneh😆.

Setidaknya ada beberapa hal yang nyantol di otak. Lumayan menambah ilmu. Saya jadi tahu masalah dunia audit, kenapa BNI kehilangan uang sekian trilyun, kimia farma yang menaikan angka penjualan dan menyembunyikan pajak, atau kasus Adam Air, kenapa investornya pergi karena adanya laporan keuangan yang tidak benar. Setidaknya didapat garis merah adalah Laporan keuangan harus benar agar investor percaya. Laporan keuangan akan semakin kuat apabila adanya internal control yang baik. Yang namanya investor ada yang berasal dari dalam negeri dan juga dari luar negeri. Biasanya para operator telekomunikasi akan me-listing sahamnya di NYSE (New York Stock Exchange), dan setiap operator yang listing di NYSE harus comply dengan aturan yang disebut SOA(Sarbanes Oxley Act). Dan bla bla bla (bisa dibaca didiktat nih :mrgreen:)

Alhamdulillah ada manfaat yang bisa diambil, setidaknya memperluas wawasan. Jadi ingat pesan sang guru “ Belajarlah hal-hal lain diluar spesialisasi-mu”. Hmm, benar juga. Belajar hal-hal lain akan membuat kita bisa berfikir lebih baik dan mempunyai sisi pandang yang lebih luas terhadap satu masalah.

4 Responses to “Bila seorang engineer belajar audit”


  1. 1 ridhobustami April 11, 2009 at 9:42 am

    “ Belajarlah hal-hal lain diluar spesialisasi-mu”
    wahh setuju pak…..
    ngak kudu jadi spesialis kita…..

  2. 3 wulanekadalu April 15, 2009 at 8:16 am

    wooooo gitu…ga jadi cari istri kan pak??sukur deh… :))
    *OOT mode ON😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: