Agar subuh tidak telat (lagi)

Seringkali kejadian bangun siang terjadi. Menyesal karena terlambat bangun. Terlambat sholat subuh. Menyesal karena tidak sempat sholat subuh berjamaah. Atau menyalahkan orang lain karena tidak membangunkan. Hmmmm, tidak solutif.

Bicara bangun pagi, atau bangun di sepertiga malam akhir, gampang-gampang susah. Bisa menjadi gampang ketika niatan untuk bangun begitu kuat dihati. Akan menjadi susah manakala syetan sudah menjadi sahabat karib kita. Berikut adalah tips-tips untuk bangun dipagi hari:

  1. Niat untuk bangun lebih awal, ulangi terus niat ini. Resapi dan jadikan niatan itu merasuki otak kita. Niat ini yang paling utama,
  2. Berdoa sebelum tidur, syukur-syukur dalam keadaan bersuci/berwudlu. Memohon pada Allah agar memberikan ampunan dan karunia untuk bisa bangun di awal
  3. Jika ada teman yang sering bangun lebih awal, mintalah untuk  bersedia membangunkan
  4. Jika sendirian, pasang alarm dan sediakan alarm cadangan pada menit berikutnya. Contoh, saya memakai dua Hape sebagai alarm. Hape pertama diset 03.40, 04.00, 04.20 sedangkan hape kedua 04.00 dan 04.30. Karena terkadang secara refleks tangan akan mematikan alarm tanpa sadar, kemudian pulas kembali. Alarm 04.20 untuk mengingatkan saatnya witir, 04.30 untuk mengingatkan siap-siap ke masjid, karena waktu sholat subuh sudah dekat.
  5. Langsung bangun, jangan nempel ke kasur lagi. Karena kita diikat oleh syetan sebanyak 3 kali, setiap ikatan syetan membisikkan “malam masih panjang, tidurlah dengan nyenyak”. Ikatan pertama akan lepas saat berdoa, kedua akan lepas saat kita berwudlu dan ikatan terakhir akan lepas saat kita sholat.

Awalnya mungkin berat, tapi insyaAllah bisa. InsyaAllah anda akan mudah bangun pagi. Menikmati keheningan. Berdialog, meminta hanya pada-Nya. Syahdu.

Karena bangun pagi adalah salah satu karunia dari Allah, bersyukurlah seandainya kita mendapatkannya. Berbahagialah jika nikmat itu selalu Allah berikan, jangan sampai maksiat membuat Allah mencabutnya.

Mari kita ramaikan sholat subuh berjamaah. Jangan biarkan suasana masjid kala subuh menjadi “jompo”. Isi shaff-nya dengan diri kita. Segarkan suasananya. Raih sejuknya pagi hari. Dan mari ucapkan Asbahna :)

Tabuh berbunyi gemparkan alam sunyi
Berkumandang suara adzan
Mendayu memecah sepi
Selang seli sahutan ayam

Tetapi insan kalaupun ada hanya
Mata yang jelek dipejam lagi
Hatinya penuh benci
Berdengkurlah kembali

Begitulah peristiwa di Subuh hari
Suara insan di alam mimpi

Ayo bangunlah tunaikan perintah Allah
Sujud mengharap keampunanNya
Bersyukurlah, bangkitlah segera
Moga mendapat keridhoannya

Begitulah peristiwa di Subuh hari
Setiap pagi, setiap hari

(Peristiwa Subuh-Raihan)

6 Responses to “Agar subuh tidak telat (lagi)”


  1. 1 tyo June 11, 2009 at 11:22 pm

    setuju fit…

  2. 2 nuradinugroho June 15, 2009 at 11:33 am

    Bro…bangunin aing tyap pagi ye…..:p.

  3. 4 wulanekadalu July 14, 2009 at 4:38 pm

    klo subuh masih bisa ga telat, klo abis subuh tidur lagi nah ini yang susah diilangin,,,gmn dong..
    pertanyaan ini jg pernah aku tulis tp blm ada yg kasih solusi, baca disini bro http://wulanekadalu.wordpress.com/2009/03/21/solusi-buat-yang-susah-bangun-pagi/

    • 5 anita July 14, 2009 at 5:25 pm

      ikutan nimbrung. ini tips jitu dari ane Ukh🙂

      1. Niat yg kuat

      2. Tidur yg cukup. (sekiranya biasa tidur 6 jam, y jam 9 udah bobo klo mau bangun jam 3 :D), supaya habis shubuh g tertarik bobo lagi krn alasan ‘ngantuk’. Tp ini yg susah, apalagi klo tiba2 ada sms utk cek perangkat or keasikan ngenet malam2, bisa2 tidurnya bablas (halah!)

      3. Setelah shubuh,sibukkan diri dg kegiatan yg disukai (dan bermanfaat) tentu. Tujuannya biar g ngantuk dan bosan yg dpt menyebabkan kantuk. Misalnya, olahraga, ke pasar dan masak2, dengerin akustik, ngafalin quran, nelepon orang di rumah, or coding (ups!)

      4. Minta do’a sama orang2 shalih..sama temen2 ngaji misalnya (dan berdoa sendiri tentu) dg penuh kekhusyuan.. agar diberi kenikmatan menghirup udara segar dan keberkahan rizki berpagi hari pasca shubuh ditunaikan.

      – panjang banget.. komen jadi mirip artikel..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: